top of page

Mahasiswa PoliMedia Jakarta Ciptakan Desain KMT KAI Commuter


Rifqi Herdandi, salah satu mahasiswa Politeknik Negeri Media Kreatif (PoliMedia) Jakarta Program Studi Periklanan berhasil menjadi juara pertama pada perlombaan Desain Kartu Multi Trip (KMT) KAI Commuter dengan mengusung tema “Commuterline Gaya Generasi Urban #PilihanCerdas” yang diselenggarakan oleh PT Kereta Api Commuter (KCI) dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) KAI Commuter ke-15. Perlombaan ini diadakan mulai dari tanggal 18 sampai 30 Agustus 2023 dan terbuka untuk masyarakat umum.

Bermula dari unggahan informasi lomba desain KMT di akun resmi Instagram @commuterline, Rifqi tertarik mengikuti perlombaan tersebut. Selain itu, alasan Rifqi mengikuti perlombaan tersebut karena kesukaannya menaiki moda transportasi kereta api dalam bepergian ke kampus setiap harinya dan luar kota.


“Itu kan lombanya gua dapat info dari akun Instagram Commuterline-nya langsung dan kebetulan gua follow juga. Nah, karena gua setiap hari ke kampus naik KRL. Jadi, sudah terbayang dari melihat brief lombanya juga tidak terlalu susah banget,” jelas Rifqi.

Pada perlombaan ini, Rifqi membuat desain ilustrasi KMT yang bertema “Commuterline Gaya Generasi Urban #PilihanCerdas” yang juga diunggah di akun Instagram miliknya sebagai syarat dan ketentuan lomba desain KMT.



Dalam unggahannya, Rifqi menjelaskan ilustrasi KMT yang dibuat memuat beberapa alasan kenapa Commuterline adalah pilihan cerdas bagi generasi urban. Selain itu, dalam ilustrasi KMT terdapat empat jenis kereta sebagai ilustrasi utama, yaitu KRL Lin Jabodetabek, KRL Lin Basoetta, KRL Lin Jogja-Solo, KA Prameks (Prambanan Ekspress). Keempat kereta tersebut dipilih karena merupakan layanan dari PT KCI yang sudah mendukung pembayaran KMT (diluar MRT, LRT, Transjakarta, dan lain-lain karena berbeda perusahaan). Ilustrasi ini menggambarkan Daop 1 Jakarta dan Daop 6 Jogjakarta karena di sanalah terdapat layanan Commuterline yang support KMT. Pemilihan warna yang ceria serta desain yang dinamis mengesankan kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan Commuterline.

Rifqi menuturkan, proses pembuatan desain ilustrasi KMT memakan waktu tiga sampai empat hari. Selain itu, perlombaan ini harus melewati tahap seleksi baru kemudian tahap pengumuman pemenang yang diumumkan pada 3 September 2023.


Rifqi mengaku senang bisa meraih juara pertama perlombaan desain KMT. Nantinya, desain KMT setiap pemenang akan dirilis dan diedarkan ke masyarakat. Harapan Rifqi selanjutnya adalah bisa memenangkan perlombaan kembali.


Teks : Fathizah Kiaranisa

Editor : Anis Salamah


4 views0 comments

Comments


bottom of page